MOBILE COMPUTING

MOBILE COMPUTING

A.        Definisi Mobile Computing
Mobile Computing adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa Mobile Computing saat ini memang sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan penggunaan komputer saat ini pun sangat tinggi, sehingga penggunaan Mobile Computing dapat memudahkan para pemakai komputer dalam melakukan segala aktifitasnya dengan menggunakan komputer.Sering disebut jugas sebagai sistem komputasi bergerak adalah system komputasi yang dapat dipindahkan dengan mudah secara fisik dan kemampuan komputasi yang bisa digunakan ketika mereka sedang dipindahkan. Contohnya adalah ponsel, personal digital assistant (pda), dsb. Perangkat komputasi bergerak tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Handphone, kalkulator, PSP, netbook juga dapat dikategorikan sebagai perangkat komputasi bergerak.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah meningkat dengan cepat. Dimana saja dan kapan saja orang bisa mengakses sistem informasi kabel menggunakan perangkat computer portable seperti tablet PC, Smartphone, dan sejenisnya yang diaktifkan oleh baterai. Hal ini bisa terjadi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat. Mobile computing tidak terlepas dari dunia komunikasi bergerak (mobile communication), meski ruang lingkup mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi bergerak.

Pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah informasi yang berada pada jaringan statis saat mereka sedang bepergian yang dikenal sebagai komputasi bergerak. Komputasi bergerak menyediakan data intensif dengan aspek manfaat teknologi nirkabel, dan teknologi bergerak untuk mendukung aplikasi ini disebut sebagai mobile database. Penyedia layanan bergerak akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata layanan, jadwal penerbangan, jadwal pertandingan sepak bola, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya. Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.

B. Sejarah & Perkembangan Mobile Computing
Perkembangan mobile computer hingga kini sangatlah luar biasa. Hal ini tidak lepas dari perkembangan-perkembangan mobile computer dari waktu ke waktu. Berikut dibahas sedikit mengenai sejarah perkembangan mobile computer, yakni :
·         Dynabook (1968)
Alan kay mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya menawarkan sebuah media elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak anak. Graphical control interface dengan icon pada Komputer ini merupakan cikal bakal dari system operasi yang ada saat ini.
·         Gir Compass 1100(1982)
Teknologi ini di rancang dan di kembangkan oleh gird sangat terdepan . cover nya dapat dilipat dan teringrasi sebauh flatscreen serta casing dari magnesium yang ultralight. Namun ini di teruskan dan dikembangkan oleh bil moggridge ini terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000. hanya kalangan militer AS dan NASA saja yang dapat membelinya.
·         Oseborne 1 (1981)
IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962 hardisk ini bisa menyipan sampai dengan 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316). Ketebalan hardisk ini mencapai 4 inci dan berat 4,5 kg dan memiliki 6 disk yang berukuran 6 disk yang berukuran 14 inci dan permukaan yang dapat ditulis.
·         Compaq Portable (1983)
Laptop pertama yang kompetibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq. Berat dan tanpa batrai lantaran masih menggunakan system operasi MS DOS laptop ini tidak popular.
·         Gavilan SC (1984)
Touchpad pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di atas keyboard. Model komputer ini sudah dilipat dan menyediakan laya LCD serta processor intel 80168 yang kompetibel dengan harga MS DOS.
·         Bondwell 2 (1985)
Walaupun era CP /M yang sudah lewat tetapi kehadiran ini tetap sukses dengan RAM sebesar 64 Kb floppy drive 3.5 inci dan layer LCD laptop ini menjadi jawara di eranya.
·         COMPAQ SLT 286 (1988)
Laptop pertama yan sudah dilengkapi dengan batrai hardisk dan LCD. Layarnya menawarkan resolusi VGA penuh.notebook ini ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak heran harganya mencapai harga mobil pada saat itu.
·         Sharp Multicolor 386 PC 8041(1990)
Dengan spec :
-Prosesor : Intel 80386
-Frekuensi clock 20 mhz
-Ram 2MB
-Harddrive 40 mb
-Harga US$23.00
·         USB interface (1997)
Setelah penganalan port interface USB hamper semua perangkat terhubung dengan notebook computer portable mendadak menjadi universal.
·         WLAN untuk semua (1999)
Berkat penggunaan WLAN notebook kini tidak lagi statis hotspot menghubungkan perangkat ini ke internet dan jaringan kantor serta dapat diakses dimana saja.

C.    Jenis Mobile Computing
Mobile Computing yang ada saat ini ada beberapa jenis, diantaranya adalah:
a.       Laptop merupakan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop berkisar dari 1 sampai 6 kilogram tergantung ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan untuk menyalakan laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya kemana-mana.
b.      Wearable Computer atau komputer yang dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200. W200 ini terbuat dari paduan magnesium bertulang yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada kontur lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan tangan instrumen aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna dengan layar sentuh, keyboard backlit dan baterai hot swappable. Fungsi nirkabel dari W200 memastikan konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi pengguna dengan plug and play Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. Menggunakan CE Windows atau sistem operasi Linux, unit cepat dapat dikonfigurasi untuk mengakses sistem host remote melalui kabel terintegrasi atau antarmuka nirkabel.
c.       SmartPhone adalah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel .
d.      Tablet PC adalah komputer portabel berbentuk buku atau yang biasa disebut laptop. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse computer
e.       Internet Tablet adalah berbagai alat mobile internet yang dibuat dan difokuskan hanya untuk internet dan fitur – fitur media lainnya
f.       PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
g.      Ultra Mobile PC atau yang lebih dikenal dengan  Micro PC  adalah komputer ekstra mini yang bisa dibawa kemana – mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game dana dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor. Alat ini dikembangkan oleh Microsoft bekerja sama dengan ASUS, Samsung dana Founder.
h.      Smart Phone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Walaupun mobile computing adalah teknologi yang sudah maju, namun teknologi ini juga mempunyai keterbatasan dan resiko jika tidak digunakan dalam situasi yang benar.

D.     Kelebihan & Kekurangan
Berikut adalah beberapa kekurangan dan resiko dari mobile computing :
o   Kurangnya Bandwith
Akses internet pada peralatan ini umumnya lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel, dengan menggunakan teknologi seperti GPRS, EDGE dan jaringan 3G yang baru – baru ini keluar. LAN nirkabel berkecepatan tinggi tidak mahal, tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas.
o   Konsumsi Tenaga
Ketika sebuah stopkontak listrik atau generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai. Ini berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan.
o   Gangguan Transmisi
Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat. Selain itu penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk.
o   Potensi Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor sering disebabkan oleh pengendaranya menggunakan peralatan mobile seperti handphone saat sedang berkendara. Selain itu juga terdapat rumor bahwa sinyal telepon seluler bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
o   Antarmuka Pengguna Dengan Alat
Layar dan keyboard yang cenderung kecil terkadang membuat peralatan tersebut sulit untuk digunakan. Metode input alternatif seperti input suara atau pengenalan tulisan tangan membutuhkan pelatihan untuk menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan resiko dari mobile computing :
o   Aplikasi yang luas
o   Bergerak/berpidah lokasi secara bebas
o   Bebas berpindah jaringan

E.  Aplikasi - Aplikasi Mobile Computing
a.       Push e-mail
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sekali, terutama teknologi bergerak atau mobile technology, beberapa tahun yang lalu perangkat mobile seperti ponsel hanya bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim sms. Namun saat ini kita bisa menggunakan ponsel untuk berkirim dan menerima e-mail yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan komputer, namun hal ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemilik ponsel canggih di Indonesia, mereka hanya memanfaatkan sedikit sekali dari kemampuan ponsel yang dimilikinya, mereka rela membeli ponsel canggih namun dalam prakteknya hanya digunakan untuk nelpon, sms, dan foto-foto, sungguh menggelikan sekali. Padahal jika mereka mampu memanfaatkan kemampuan poselnya dengan maksimal mereka akan memperoleh banyak sekali kemudahan dan manfaat yang didapat.
Ada banyak cara untuk bisa berkirim dan menerima e-mail dari ponsel, kita bisa menggunakan web browser ponsel untuk mengakses e-mail kita, namun tentu saja hal ini tidak efektif karena satiap kita mau mengakses e-mail, kita harus membuka web browser kita dan kita akan kesulitan jika ingin mendownload dan menyimpannya di ponsel. Beberapa vendor ponsel juga menyertakan pengolah e-mail pada produknya namun awalnya kita tidak bisa menerima e-mail secara otomatis, kita harus mengeceknya secara manual untuk bisa mendownload e-mail ke ponsel kita. Namun saat ini kita bisa menerima maupun mengirim e-mail secara real time seperti halnya kita mengirim sms, teknologi yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan hal tersebut adalah teknologi push e-mail, yang dulu di Indonesia di populerkan oleh Blackberry buatan RIM.
Push e-mail memiliki kemampuan always-on atau menyala terus, dimana e-mail yang masuk akan diteruskan (pushed) kepada e-mail client. Dimana e-mail client tersebut bisa berupa PC atau ponsel kita. Push e-mail sebenarnya sudah ada sejak dahulu dengan menggunakan internet berbasis kabel namun untuk teknologi nirkabelnya baru muncul belakangan ini, yang diperkenalkan oleh blackberry dimana produk ini memadukan antara portable device dan wireless sehinnga terciptalah ungkapan always on.
Dulu jika kita ingin menggunakan teknologi push e-mail kita harus bersedia mengorbankan uang kita yang tidak sedikit untuk menebus ponsel dengan teknologi push e-mail, namun saat ini kita bisa menggunakan ponsel yang hanya mempunyai kemampuan java untuk bisa menggunakan layanan ini. Ada banyak sekali aplikasi berbasis java yang bisa kita gunakan, seperti SEVEN dan mobiqus, namun bila kita menggunakan aplikasi ini baterai kita akan menjadi sangat boros, karena koneksi internet akan selalu menyala untuk bisa melakukan push e-mail.
Meskipun teknologi push e-mail memiliki banyak kelebihan yang mungkin sangat membantu kerja kita, namun teknologi ini juga mempunyai kekurangan, dengan kemampuan always on nya push e-mail akan mengambil semua e-mail yang ada di account e-mail kita dan menyimpannya di ponsel kita, padahal tidak semua e-mail yang masuk kita perlukan. Yang nantinya bisa membuat kapasitas penyimpanan ponsel kita menjadi berkurang bahkan jika e-mail yang kita dapatkan mengandung kode jahat atau virus yang malah akan membuat kita repot nantinya, belum lagi tagihan pulsa kita yang akan membengkak, untuk itu gunakanlah teknologi ini dengan bijak.
b.         Blackberry
            Tentunya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata blackberry. Blackberry  adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi dari mobile computing karena dilihat dari definisinya,mobile computing adalah computer yang dibuat untuk mengatasi masalah perpindahan,atau lebih mudahnya adalah computer yang mudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.Salah satu fasilitas yang ada di black berry untuk berkomunikasi antara satu sama lain yaitu blackberry messenger atau yang lebih dikenal BBM.Fasilitas dari blackberry ini menggunakan PIN code dalam berkomunikasi satu sama lain.PIN code ini hanya untuk membedakan antara blackberry satu dengan blackberry yang lain.PIN code ini terdiri dari 8 digit,yang terdiri dari alphabet dan numerik.Blackberry messenger memiliki beberapa kelebihan antara lain
·          Bisa digunakan untuk melakukan komunikasi berupa chatting
·          Memerlukan biaya yang lebih murah daripada SMS biasa
·          Pesan yang diterima,tidak memenuhi inbox
·          Bisa melakukan chatting dengan grup

Akan tetapi dari beberapa kelebihan tersebut,blackberry messenger memiliki beberapa kekurangan pula,antara lain
·      Hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna blackberry
·          Tidak bisa saling berkomunikasi anatara sesama pengguna apabila tidak mengetahui pin code nya.

c.          Taxi Dispacth
Diagram skenario kerja taksi dispatch.

 
Sumber: http://skripsiatl.blog.binusian.org
 
Taxi dispatch adalah adalah salah satu contoh applikasi mobile computing.  Taksi dispacth merupakan sebuah sistem komunikasi yang menghubungkan antara mobil taksi, operator atau server, dan calon penumpang. Taksi dispacth memungkinkan server dapat mengetahui posisi calon penumpang dengan cepat dan dengan segera mengirimkan datanya kepada lima sopir taksi terdekat hal ini mengurangi waktu yang diperlukan dalam berkomunikasi antara sopr taksi dan server sehingga penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, adanya sistem komunikasi ini mengurangi miss komunikasi antara sopir taksi dan server yang dapat menyebabkan berbagai kesalahan misalnya, penumpang dijemput oleh lebih dari satu taksi sekaligus atau penumpang tidak dijemput oleh taksi.
            Taxi Dispacth menggunakan jaringan GPRS. Jaringan ini langsung menghubungkan semua taksi dengan server. Server bertugas menerima dan mengolah data dari calon penumpang dan dari taksi, sehingga dapat diketahui posisi taksi yang  terdekat dengan penumpang.
Proses kerja taxi dispatch:
1.      Calon penumpang memesan taxi melalui applikasi pemesanan taksi
2.      Server yang telah menerima data dari penumpang segera mancari 5 taksi yang posisinya terdekat dengan penumpang.
3.      Para sopir taksi yang telah dihubungi oleh server, segera mengkonfirmasikan apakah akan menjemput penumpang atau memilih penumpang lain.
4.      Penumpang menerima konfirmasi dari server tentang informasi taksi yang akan menjemputnya.

d.         Mobile Banking
Perkembangan teknologi internet dan semakin berkembangannya teknologi smartphone atau berbagai mobile computing hardware yang lain, menyebabkan munculnya berbagai institusi-institusi baru seperti bank online, pialang saham online, dan manajemen keuangan online. Institusi-institusi tersebut menyediakan berbagai layanan jasa perbankan dan keuangan yang dapat diakses secara online dan di mana saja tanpa harus pergi ke bank atau mesin atam. Berbagai layanan seperti transfer uang dari satu rekening ke rekening lain hngga layanan informasi dan transaksi yang membantu seseorang yang ingin berspekulasi saham dapat diakses melalui handphone (pada umumnya). Selain dapat diakses melalui handphone, layanan ini juga dapat diakses melalui teknologi smartphone dengan 3G connectivity, yang pada aplikasinya memiliki berbagai kelebihan yang tidak terdapat pada layanan melalui handphone konvensional. Oleh karena itu, teknologi mobile banking tersebut merupakan suatu aplikasi dari mobile computing.
Ada banyak pengertian dan definisi dari mobile banking, salah satu yang paling simpel adalah, mobile banking adalah fasilitas perbankan melalui alat komunikasi bergerak seperti handphone atau smartphone yang menyediakan fasilitas yang sama dengan ATM kecuali penarikan tunai. Salain pengertian simpel di atas juga terdapat sebuah model akademik yang mendefinisikan mobile banking sebagai, penyediaan suatu fasilitas perbankan dan finansial oleh suatu istitusi bank atau penyedian jasa financial dengan bantuan alat komunikasi bergerak yang pelayanannya menyangkut pengaturan akun, akses informasi dari bank atau pun transaksi baik uang maupun pada pasar saham.
Pada saat ini mobile banking telah menjadi suatu fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik oleh para professional dan para spekulan saham yang selalu berada dalam keadaan bergerak atau mobile hingga pada tingkatan masyarakat terendah seperti pedagang dan petani. Bahkan bisa dibilang bahwa masyarakat telah ketagihan dalam menggunakan layanan ini. Perkembangan pesat fasilitas mobile banking yang disediakan oleh berbagai institusi hingga dapat mencapai strata masyarakat terbawah dan daerah terpencil, tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan pasar pengguna telepon genggam atau handphone. Pada tahun 2005 saja pengguna telepon genggam telah mencapai 2,5 milyar orang yang mencakup 2 milyar pengguna GSM. Dan akhir-akhir ini perkembangan dunia mobile banking juga didorong dengan mulai maraknya pengguna smartphone seperti blackberry, iPhone dan lainnya yang dapat menyediakan failitas dan pengalaman mobile banking yang jauh leih luas dari telepon genggam GSM biasa. Selain  penggunaan alat telekomunikasi diatas, perkembangan dunia mobile banking juga dapat dilihat dengan hamper semua bank baik konvensional maupun syariah yang menyedialan fasilitas mobile banking, selain itu semua transaksi di pasar saham telah dilakukan secara online. Hal ini menyebabkan dana dapat berpindah tempat dari satu ujung bumi ke ujung yang lain hanya dalam hitungan detik.
Ada banyak sekali layanan yang ditawarkan oleh fasilitas mobile banking. Layanan yang ditawarkan mempunyai tiga konsep yang berkaitan yaitu yang pertama adalah Mobile Accounting atau akuntansi mobile. Layanan ini menyediakan jasa akuntansi untuk kepentingan bisnis atau perdaganan dan berbagai layanan lain seperti dana pensiun dan asuransi. Yang kedua adalah Mobile Brokerage, ini adalah layanan bagi para spekulan saham agar dapat bertansaksi saham dalam keadaan bergerak. Dan yang ketiga adalah Mobile Financial Information Service. Jika  dua layanan diatas yaitu accounting dan brokerage adalah layanan berbasis transaksi maka layanan yang ketiga ini menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses oleh pengguna untuk menggunakan dua layanan diatas.
Seiring dengan berkembangnya teknologi mobile banking, mulai muncul berbagai permasalahan dan tantangan ke depan. Mulai dari berbedanya teknologi handphone atau smartphone itu sendiri yang menyebabkan tidak seragamnya teknologi mobile banking. Hal ini menyebabkan berbagai hambatan bagi para pengguna internasional, karena layanan di setiap wilayah atau Negara tidaklah sama, karena mayoritas hardware di setiap wilayah atau Negara juga juga berbeda. Hal ini telah membuat penyedia layanan mobile banking untuk melakukan berbagai langkah-langkah agar layanan mereka data diakses oleh semua pengguna meskipun berbeda hardware. Tantangan lainnya adalah tentang keamanan, dengan semakin cepat dan jauhnya transaksi yang terjadi sehari-hari maka semakin besar resiko terjadinya pencurian dan tindakan criminal yang lain. Untuk itu dilakukan langkah-langkah baik secara hokum dan teknologi untuk dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan tersebut. Dan salah satu tantangan yang lain adalah masalah akses oleh masyarakat secara umum, di masa depan diharapkan semua masyarakat dalam semua strata, golongan dan profesi dapat mengakses dan memanfaatkan teknologi ini.
Pada saat ini teknologi mobile banking adalah teknologi yang masih sangat muda. Akan tetapi teknologi ini telah berkembang jauh lebih cepat dan pesat dari berbagai sistem transaksi dan keuangan yang telah ada dan berkembang sebelumnya. Di masa depan diprediksi bahwa teknologi ini akan benar-benar menggantikan tugas seorang teller bank ataupun sebuah mesin ATM, sehingga kita tida harus bertatap muka dengan seorang teller atau pergi ke mesin ATM untuk melakukan berbagai transaksi. Semua transaksi dapat kita lakukan di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Dan pada akhirnya internet bukan hanya menjadi salah satu bagian dari kegiatan ekonomi dan hidup kita secara keseluruhan, akan tetapi menjadi suatu mesin penggerak ekonomi dan kehidupan sebagaimana kita membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan dan energi.

Sumber :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KOMPUTER GRAFIK DAN ANIMASI

ALGORITMA PENGURUTAN DATA

[METODE PENGURUTAN DATA]