MOBILE COMPUTING
MOBILE
COMPUTING
A.
Definisi Mobile Computing
Mobile Computing adalah kemampuan teknologi
untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer
secara praktis. Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa Mobile
Computing saat ini memang sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan penggunaan
komputer saat ini pun sangat tinggi, sehingga penggunaan Mobile Computing dapat
memudahkan para pemakai komputer dalam melakukan segala aktifitasnya dengan
menggunakan komputer.Sering disebut jugas sebagai sistem
komputasi bergerak adalah system komputasi yang dapat dipindahkan dengan mudah
secara fisik dan kemampuan komputasi yang bisa digunakan ketika mereka sedang
dipindahkan. Contohnya adalah ponsel, personal digital assistant (pda), dsb.
Perangkat komputasi bergerak tidak selalu harus terhubung dengan jaringan
telekomunikasi. Handphone, kalkulator, PSP, netbook juga dapat dikategorikan
sebagai perangkat komputasi bergerak.
Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah meningkat dengan cepat. Dimana saja dan kapan saja orang bisa mengakses sistem informasi kabel menggunakan perangkat computer portable seperti tablet PC, Smartphone, dan sejenisnya yang diaktifkan oleh baterai. Hal ini bisa terjadi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat. Mobile computing tidak terlepas dari dunia komunikasi bergerak (mobile communication), meski ruang lingkup mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi bergerak.
Pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah informasi yang berada pada jaringan statis saat mereka sedang bepergian yang dikenal sebagai komputasi bergerak. Komputasi bergerak menyediakan data intensif dengan aspek manfaat teknologi nirkabel, dan teknologi bergerak untuk mendukung aplikasi ini disebut sebagai mobile database. Penyedia layanan bergerak akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata layanan, jadwal penerbangan, jadwal pertandingan sepak bola, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya. Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.
Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah meningkat dengan cepat. Dimana saja dan kapan saja orang bisa mengakses sistem informasi kabel menggunakan perangkat computer portable seperti tablet PC, Smartphone, dan sejenisnya yang diaktifkan oleh baterai. Hal ini bisa terjadi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat. Mobile computing tidak terlepas dari dunia komunikasi bergerak (mobile communication), meski ruang lingkup mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi bergerak.
Pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah informasi yang berada pada jaringan statis saat mereka sedang bepergian yang dikenal sebagai komputasi bergerak. Komputasi bergerak menyediakan data intensif dengan aspek manfaat teknologi nirkabel, dan teknologi bergerak untuk mendukung aplikasi ini disebut sebagai mobile database. Penyedia layanan bergerak akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata layanan, jadwal penerbangan, jadwal pertandingan sepak bola, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya. Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.
B. Sejarah
& Perkembangan Mobile Computing
Perkembangan mobile computer hingga kini sangatlah
luar biasa. Hal ini tidak lepas dari perkembangan-perkembangan mobile computer
dari waktu ke waktu. Berikut dibahas sedikit mengenai sejarah perkembangan
mobile computer, yakni :
·
Dynabook (1968)
Alan
kay mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya menawarkan sebuah
media elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak anak. Graphical
control interface dengan icon pada Komputer ini merupakan cikal bakal dari
system operasi yang ada saat ini.
·
Gir Compass
1100(1982)
Teknologi
ini di rancang dan di kembangkan oleh gird sangat terdepan . cover nya dapat
dilipat dan teringrasi sebauh flatscreen serta casing dari magnesium yang
ultralight. Namun ini di teruskan dan dikembangkan oleh bil moggridge ini
terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000. hanya kalangan militer
AS dan NASA saja yang dapat membelinya.
·
Oseborne 1
(1981)
IBM
1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962 hardisk ini bisa menyipan
sampai dengan 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316).
Ketebalan hardisk ini mencapai 4 inci dan berat 4,5 kg dan memiliki 6 disk yang
berukuran 6 disk yang berukuran 14 inci dan permukaan yang dapat ditulis.
·
Compaq Portable
(1983)
Laptop
pertama yang kompetibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq. Berat dan tanpa
batrai lantaran masih menggunakan system operasi MS DOS laptop ini tidak
popular.
·
Gavilan SC (1984)
Touchpad
pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di atas keyboard. Model
komputer ini sudah dilipat dan menyediakan laya LCD serta processor intel 80168
yang kompetibel dengan harga MS DOS.
·
Bondwell 2
(1985)
Walaupun
era CP /M yang sudah lewat tetapi kehadiran ini tetap sukses dengan RAM sebesar
64 Kb floppy drive 3.5 inci dan layer LCD laptop ini menjadi jawara di eranya.
·
COMPAQ SLT 286
(1988)
Laptop
pertama yan sudah dilengkapi dengan batrai hardisk dan LCD. Layarnya menawarkan
resolusi VGA penuh.notebook ini ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak heran
harganya mencapai harga mobil pada saat itu.
·
Sharp Multicolor
386 PC 8041(1990)
Dengan
spec :
-Prosesor
: Intel 80386
-Frekuensi
clock 20 mhz
-Ram
2MB
-Harddrive
40 mb
-Harga
US$23.00
·
USB interface
(1997)
Setelah
penganalan port interface USB hamper semua perangkat terhubung dengan notebook
computer portable mendadak menjadi universal.
·
WLAN untuk semua
(1999)
Berkat
penggunaan WLAN notebook kini tidak lagi statis hotspot menghubungkan perangkat
ini ke internet dan jaringan kantor serta dapat diakses dimana saja.
C.
Jenis Mobile Computing
Mobile Computing yang ada saat ini ada
beberapa jenis, diantaranya adalah:
a. Laptop merupakan komputer
portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang
terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop berkisar dari 1 sampai 6 kilogram
tergantung ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari
baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan
untuk menyalakan laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer
desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk
membawanya kemana-mana.
b. Wearable Computer atau komputer yang
dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200.
W200 ini terbuat dari paduan magnesium bertulang yang memaksimalkan kekuatan
dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada
kontur lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer
standar dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis
pergelangan tangan instrumen aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna
dengan layar sentuh, keyboard backlit dan baterai hot swappable. Fungsi
nirkabel dari W200 memastikan konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi
pengguna dengan plug and play Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. Menggunakan CE
Windows atau sistem operasi Linux, unit cepat dapat dikonfigurasi untuk
mengakses sistem host remote melalui kabel terintegrasi atau antarmuka
nirkabel.
c. SmartPhone adalah ponsel yang
menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC
(komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat
berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar
bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah
ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima
email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external
USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone
adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel .
d. Tablet PC adalah komputer portabel berbentuk buku atau
yang biasa disebut laptop. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital
yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital
selain keyboard ataupun mouse computer
e. Internet Tablet adalah berbagai alat mobile internet yang
dibuat dan difokuskan hanya untuk internet dan fitur – fitur media lainnya
f. PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan
berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai
pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian
bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan
waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat
elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
g. Ultra Mobile PC atau yang lebih dikenal dengan Micro
PC adalah komputer ekstra mini yang bisa dibawa kemana – mana, berlayar
sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game dana dapat digunakan untuk
mengerjakan tugas kantor. Alat ini dikembangkan oleh Microsoft bekerja sama
dengan ASUS, Samsung dana Founder.
h. Smart Phone adalah telepon
genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang
menyerupai komputer. Walaupun mobile computing adalah teknologi yang sudah
maju, namun teknologi ini juga mempunyai keterbatasan dan resiko jika tidak
digunakan dalam situasi yang benar.
D.
Kelebihan & Kekurangan
Berikut adalah beberapa kekurangan dan resiko dari mobile
computing :
o Kurangnya
Bandwith
Akses internet pada peralatan ini umumnya
lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel, dengan menggunakan teknologi
seperti GPRS, EDGE dan jaringan 3G yang baru – baru ini keluar. LAN nirkabel
berkecepatan tinggi tidak mahal, tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas.
o Konsumsi
Tenaga
Ketika sebuah stopkontak listrik atau
generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya
pada daya baterai. Ini berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan
untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan.
o Gangguan Transmisi
Banyak
faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti
cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal
terdekat. Selain itu penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung
dan daerah pedesaan seringkali buruk.
o Potensi Terjadinya
Kecelakaan
Beberapa kecelakaan
kendaraan bermotor baik mobil maupun motor sering disebabkan oleh pengendaranya
menggunakan peralatan mobile seperti handphone saat sedang berkendara. Selain
itu juga terdapat rumor bahwa sinyal telepon seluler bisa menyebabkan gangguan
kesehatan.
o Antarmuka Pengguna Dengan
Alat
Layar
dan keyboard yang cenderung kecil terkadang membuat peralatan tersebut sulit
untuk digunakan. Metode input alternatif seperti input suara atau pengenalan
tulisan tangan membutuhkan pelatihan untuk menggunakannya.
Berikut adalah beberapa kelebihan dan resiko dari mobile
computing :
o Aplikasi yang luas
o Bergerak/berpidah lokasi secara bebas
o Bebas berpindah jaringan
E. Aplikasi
- Aplikasi Mobile Computing
a.
Push e-mail
Perkembangan teknologi saat ini sangat
pesat sekali, terutama teknologi bergerak atau mobile technology, beberapa
tahun yang lalu perangkat mobile seperti ponsel hanya bisa digunakan untuk menelpon
dan mengirim sms. Namun saat ini kita bisa menggunakan ponsel untuk berkirim
dan menerima e-mail yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan komputer, namun
hal ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemilik ponsel canggih di Indonesia,
mereka hanya memanfaatkan sedikit sekali dari kemampuan ponsel yang
dimilikinya, mereka rela membeli ponsel canggih namun dalam prakteknya hanya
digunakan untuk nelpon, sms, dan foto-foto, sungguh menggelikan sekali. Padahal
jika mereka mampu memanfaatkan kemampuan poselnya dengan maksimal mereka akan
memperoleh banyak sekali kemudahan dan manfaat yang didapat.
Ada banyak cara untuk bisa berkirim dan
menerima e-mail dari ponsel, kita bisa menggunakan web browser ponsel untuk
mengakses e-mail kita, namun tentu saja hal ini tidak efektif karena satiap
kita mau mengakses e-mail, kita harus membuka web browser kita dan kita akan
kesulitan jika ingin mendownload dan menyimpannya di ponsel. Beberapa vendor
ponsel juga menyertakan pengolah e-mail pada produknya namun awalnya kita tidak
bisa menerima e-mail secara otomatis, kita harus mengeceknya secara manual
untuk bisa mendownload e-mail ke ponsel kita. Namun saat ini kita bisa menerima
maupun mengirim e-mail secara real time seperti halnya kita mengirim sms,
teknologi yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan hal tersebut adalah
teknologi push e-mail, yang dulu di Indonesia di populerkan oleh Blackberry
buatan RIM.
Push e-mail memiliki kemampuan always-on
atau menyala terus, dimana e-mail yang masuk akan diteruskan (pushed) kepada
e-mail client. Dimana e-mail client tersebut bisa berupa PC atau ponsel kita. Push e-mail sebenarnya sudah ada sejak dahulu dengan menggunakan internet
berbasis kabel namun untuk teknologi nirkabelnya baru muncul belakangan ini,
yang diperkenalkan oleh blackberry dimana produk ini memadukan antara portable
device dan wireless sehinnga terciptalah ungkapan always on.
Dulu jika kita ingin menggunakan
teknologi push e-mail kita harus bersedia mengorbankan uang kita yang tidak
sedikit untuk menebus ponsel dengan teknologi push e-mail, namun saat ini kita
bisa menggunakan ponsel yang hanya mempunyai kemampuan java untuk bisa
menggunakan layanan ini. Ada banyak sekali aplikasi berbasis java yang bisa
kita gunakan, seperti SEVEN dan mobiqus, namun bila kita menggunakan aplikasi
ini baterai kita akan menjadi sangat boros, karena koneksi internet akan selalu
menyala untuk bisa melakukan push e-mail.
Meskipun teknologi push e-mail memiliki
banyak kelebihan yang mungkin sangat membantu kerja kita, namun teknologi ini
juga mempunyai kekurangan, dengan kemampuan always on nya push e-mail akan
mengambil semua e-mail yang ada di account e-mail kita dan menyimpannya di
ponsel kita, padahal tidak semua e-mail yang masuk kita perlukan. Yang nantinya
bisa membuat kapasitas penyimpanan ponsel kita menjadi berkurang bahkan jika
e-mail yang kita dapatkan mengandung kode jahat atau virus yang malah akan
membuat kita repot nantinya, belum lagi tagihan pulsa kita yang akan
membengkak, untuk itu gunakanlah teknologi ini dengan bijak.
b.
Blackberry
Tentunya
kita sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata blackberry. Blackberry adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi
dari mobile computing karena dilihat dari definisinya,mobile computing adalah
computer yang dibuat untuk mengatasi masalah perpindahan,atau lebih mudahnya
adalah computer yang mudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan untuk
berkomunikasi satu sama lain.Salah satu fasilitas yang ada di black berry untuk
berkomunikasi antara satu sama lain yaitu blackberry messenger atau yang lebih
dikenal BBM.Fasilitas dari blackberry ini menggunakan PIN code dalam
berkomunikasi satu sama lain.PIN code ini hanya untuk membedakan antara
blackberry satu dengan blackberry yang lain.PIN code ini terdiri dari 8
digit,yang terdiri dari alphabet dan numerik.Blackberry messenger memiliki
beberapa kelebihan antara lain
·
Bisa
digunakan untuk melakukan komunikasi berupa chatting
·
Memerlukan
biaya yang lebih murah daripada SMS biasa
·
Pesan
yang diterima,tidak memenuhi inbox
·
Bisa
melakukan chatting dengan grup
Akan tetapi dari
beberapa kelebihan tersebut,blackberry messenger memiliki beberapa kekurangan
pula,antara lain
·
Hanya
bisa digunakan oleh sesama pengguna blackberry
·
Tidak
bisa saling berkomunikasi anatara sesama pengguna apabila tidak mengetahui pin
code nya.
c.
Taxi
Dispacth
|
|
Taxi Dispacth menggunakan jaringan GPRS.
Jaringan ini langsung menghubungkan semua taksi dengan server. Server bertugas menerima
dan mengolah data dari calon penumpang dan dari taksi, sehingga dapat diketahui
posisi taksi yang terdekat dengan
penumpang.
Proses kerja taxi dispatch:
1.
Calon
penumpang memesan taxi melalui applikasi pemesanan taksi
2.
Server
yang telah menerima data dari penumpang segera mancari 5 taksi yang posisinya
terdekat dengan penumpang.
3.
Para
sopir taksi yang telah dihubungi oleh server, segera mengkonfirmasikan apakah
akan menjemput penumpang atau memilih penumpang lain.
4.
Penumpang
menerima konfirmasi dari server tentang informasi taksi yang akan menjemputnya.
d.
Mobile Banking
Perkembangan teknologi internet dan semakin
berkembangannya teknologi smartphone atau berbagai mobile computing hardware
yang lain, menyebabkan munculnya berbagai institusi-institusi baru seperti bank
online, pialang saham online, dan manajemen keuangan online.
Institusi-institusi tersebut menyediakan berbagai layanan jasa perbankan dan
keuangan yang dapat diakses secara online dan di mana saja tanpa harus pergi ke
bank atau mesin atam. Berbagai layanan seperti transfer uang dari satu rekening
ke rekening lain hngga layanan informasi dan transaksi yang membantu seseorang
yang ingin berspekulasi saham dapat diakses melalui handphone (pada umumnya).
Selain dapat diakses melalui handphone, layanan ini juga dapat diakses melalui
teknologi smartphone dengan 3G connectivity, yang pada aplikasinya memiliki
berbagai kelebihan yang tidak terdapat pada layanan melalui handphone
konvensional. Oleh karena itu, teknologi mobile banking tersebut merupakan
suatu aplikasi dari mobile computing.
Ada banyak pengertian dan definisi dari mobile banking,
salah satu yang paling simpel adalah, mobile banking adalah fasilitas perbankan
melalui alat komunikasi bergerak seperti handphone atau smartphone yang
menyediakan fasilitas yang sama dengan ATM kecuali penarikan tunai. Salain
pengertian simpel di atas juga terdapat sebuah model akademik yang
mendefinisikan mobile banking sebagai, penyediaan suatu fasilitas perbankan dan
finansial oleh suatu istitusi bank atau penyedian jasa financial dengan bantuan
alat komunikasi bergerak yang pelayanannya menyangkut pengaturan akun, akses
informasi dari bank atau pun transaksi baik uang maupun pada pasar saham.
Pada saat ini mobile banking telah menjadi suatu
fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik oleh para professional
dan para spekulan saham yang selalu berada dalam keadaan bergerak atau mobile
hingga pada tingkatan masyarakat terendah seperti pedagang dan petani. Bahkan
bisa dibilang bahwa masyarakat telah ketagihan dalam menggunakan layanan ini.
Perkembangan pesat fasilitas mobile banking yang disediakan oleh berbagai
institusi hingga dapat mencapai strata masyarakat terbawah dan daerah
terpencil, tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan pasar pengguna telepon
genggam atau handphone. Pada tahun 2005 saja pengguna telepon genggam telah
mencapai 2,5 milyar orang yang mencakup 2 milyar pengguna GSM. Dan akhir-akhir
ini perkembangan dunia mobile banking juga didorong dengan mulai maraknya
pengguna smartphone seperti blackberry, iPhone dan lainnya yang dapat
menyediakan failitas dan pengalaman mobile banking yang jauh leih luas dari
telepon genggam GSM biasa. Selain
penggunaan alat telekomunikasi diatas, perkembangan dunia mobile banking
juga dapat dilihat dengan hamper semua bank baik konvensional maupun syariah
yang menyedialan fasilitas mobile banking, selain itu semua transaksi di pasar
saham telah dilakukan secara online. Hal ini menyebabkan dana dapat berpindah
tempat dari satu ujung bumi ke ujung yang lain hanya dalam hitungan detik.
Ada banyak sekali layanan yang ditawarkan oleh fasilitas
mobile banking. Layanan yang ditawarkan mempunyai tiga konsep yang berkaitan
yaitu yang pertama adalah Mobile Accounting atau akuntansi mobile. Layanan ini
menyediakan jasa akuntansi untuk kepentingan bisnis atau perdaganan dan
berbagai layanan lain seperti dana pensiun dan asuransi. Yang kedua adalah
Mobile Brokerage, ini adalah layanan bagi para spekulan saham agar dapat
bertansaksi saham dalam keadaan bergerak. Dan yang ketiga adalah Mobile
Financial Information Service. Jika dua
layanan diatas yaitu accounting dan brokerage adalah layanan berbasis transaksi
maka layanan yang ketiga ini menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses
oleh pengguna untuk menggunakan dua layanan diatas.
Seiring dengan berkembangnya teknologi mobile banking,
mulai muncul berbagai permasalahan dan tantangan ke depan. Mulai dari
berbedanya teknologi handphone atau smartphone itu sendiri yang menyebabkan
tidak seragamnya teknologi mobile banking. Hal ini menyebabkan berbagai
hambatan bagi para pengguna internasional, karena layanan di setiap wilayah
atau Negara tidaklah sama, karena mayoritas hardware di setiap wilayah atau
Negara juga juga berbeda. Hal ini telah membuat penyedia layanan mobile banking
untuk melakukan berbagai langkah-langkah agar layanan mereka data diakses oleh
semua pengguna meskipun berbeda hardware. Tantangan lainnya adalah tentang
keamanan, dengan semakin cepat dan jauhnya transaksi yang terjadi sehari-hari
maka semakin besar resiko terjadinya pencurian dan tindakan criminal yang lain.
Untuk itu dilakukan langkah-langkah baik secara hokum dan teknologi untuk dapat
meminimalisir kemungkinan-kemungkinan tersebut. Dan salah satu tantangan yang
lain adalah masalah akses oleh masyarakat secara umum, di masa depan diharapkan
semua masyarakat dalam semua strata, golongan dan profesi dapat mengakses dan
memanfaatkan teknologi ini.
Pada saat ini teknologi mobile banking adalah teknologi
yang masih sangat muda. Akan tetapi teknologi ini telah berkembang jauh lebih
cepat dan pesat dari berbagai sistem transaksi dan keuangan yang telah ada dan
berkembang sebelumnya. Di masa depan diprediksi bahwa teknologi ini akan
benar-benar menggantikan tugas seorang teller bank ataupun sebuah mesin ATM,
sehingga kita tida harus bertatap muka dengan seorang teller atau pergi ke
mesin ATM untuk melakukan berbagai transaksi. Semua transaksi dapat kita
lakukan di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Dan pada
akhirnya internet bukan hanya menjadi salah satu bagian dari kegiatan ekonomi
dan hidup kita secara keseluruhan, akan tetapi menjadi suatu mesin penggerak
ekonomi dan kehidupan sebagaimana kita membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan
dan energi.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar